Pages

Minggu, 29 Desember 2013

Contoh Konflik Dalam Sebuah Organisasi

Dalam hal ini saya akan mengambil contoh konflik dalam sebuah organisasi yayasan kanker leher rahim. Disini saya akan mengambil 2 contoh, yaitu konflik personal dan konflik organisasasional.

v  Konflik Interpersonal
Masalah  : Antara ketua anggota dengan para anggota organisasi.
Detail    : Konflik ini bermulai ketika ketua anggota mulai tidak lagi aktif dalam kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan organisasi. Ia juga sering absen di beberapa rapat yang diadakan. Akhirnya ketua yayasan memberikan peringatan secara lisan dan tulisan. Tidak selesai sampai disitu, ketua anggota tidak menanggapi peringatan yang sudah diberikan. Akhirnya pihak yayasan memutuskan untuk memberhentikannya dan para anggota pun setuju. Para anggota organisasi akhirnya mengajukan nama penggati sang ketua anggota melalui jalan musyawarah.

v  Konflik Organisasional
Masalah      : Antara yayasan dan para anggota organisasi.
Detail          : Masalah ini bermulai ketika pihak yayasan memutuskan untuk membuat kebijakan kebijakan baru didalam organisasi. Keputusan ini di tentang oleh para anggota organisasi, akhirnya yayasan mengadakan rapat terlebih dahulu, dan setelah itu dibicarakan dengan para anggota untuk diambil keputusan bersama.

Adapun cara cara yang dilakukan oleh yayasan dalam menghindari konflik yang terjadi yaitu :
·         Sesering mungkin mengadakan pertemuan oleh para anggota organisasi.
·         Dilakukannya meeting bulanan.
·         Mengadakan rapat sebelum membuat sebuah penggalangan amal, dll.

0 komentar:

Posting Komentar